Jangan takut bermimpi...

Jangan takut bermimpi...
^_^

Minggu, 07 Agustus 2011

Mind Mapping = Berfikir Out off The Box

Tak ada kata terlambat untuk berubah...
mungkin itulah kata yang paling dan cukup tepat untuk aku (dan mungkin juga kalian), yang terlahir dan mendapat takdir untuk mengenyam pendidikan di Indonesia...
##Halaaaahh,,,kyaknya berat banget kalimat pembukanya...

Tanpa disadari sistem pendidikan yang pernah kita enyam di Indonesia yang kita cintai ini sedikit demi sedikit mematikan fungsi otak kanan kita yang seharusnya begitu mahir memunculkan imajinasi dan daya kreativitas kita.
Inget kan waktu di SD, setiap kali ada pertanyaan dari bu guru semisal..
Ibu...... di dapur, dan titik-titik itu selalu kita jawab dengan kata "Memasak", dan sepertinya kata itu adalah kata yang tidak mengenal hukum ekonomi adanya permintaan dan penawaran alias jawaban saklek yang tidak boleh kita ganti. Padahal bisa ja kan kita isi dengen "kepleset, menyanyi,menjahit" atau semacamnya.

Mungkin kita berfikir hal tersebut sepele akan tetapi, ternyata itu sangat berpengaruh dengan cara berfikir kita yang selalu monoton, kaku dan bisa dibilang selalu mengikuti alur yang sudah ada sehingga fungsi otak kiri menjadi lebih dominan, dan sangat bisa aku rasakan, rasanya sulit untuk bisa berfikir kreatif, memunculkan ide-ide baru di luar alur yang sudah ada atau bisa dibilang berfikir "Out off The Box"

Mind Mapping adalah salah satu cara kita untuk bisa menyeimbangkan fungsi otak kiri dan otak kanan, dimana kita memetakan pemikiran kita dalam bentuk gambar, warna dan kata-kata kunci. Kenapa harus gambar? karena ternyata otak lebih mudah untuk menangkap dan menyimpan informasi dalam bentuk gambar. Dan segala sesuatu yang berhubungan dengan gambar, warna dan imajinasi adalah tugas dari otak kanan.
Selain itu dengan map mapping, alur berfikir kita juga menjadi lebih terarah, sistematis, tidak monoton dan kaku. Kita belajar untuk berfikir Out off the book meninggalkan linier note yang sudah bertahun-tahun kita tekuni yang ternyata malah menjadi racun bagi keseimbangan otak kiri dan otak kanan kita.

Yuk ayuuukkk,, lagi semangat2nya ni belajar menyeimbangkan fungsi otak kiri dan otak kanan, belajar berfikir kreatif, berani memunculkan ide-ide baru di luar alur yang sudah ada dan pastinya Thinking Out Off The Box

2 komentar:

aditya mengatakan...

tlong diberi daftar pustakanya :),,
boar lebih lengkap

Fitria Yunita mengatakan...

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya..
Refernsinya dari beberap bacaan (lupa pa ja), materi di kelas, dan pengalaman sendiri...